×

Main Menu

Tentang Seminar TI

Dalam perkembangan global saat ini, sudah banyak fenomena-fenomena yang terjadi, begitupun dengan Indonesia yang dimana semua permasalahan makin kompleks. Seperti kita ketahui bahwa dengan masuknya era globalisasi yang dimana kita dituntut untuk mengadakan penguatan di semua begitupula dalam bidang sains dan teknologi. Di tengah era pasar bebas yang cenderung menciptakan kompetisi yang ketat antar individu yang mendorong individu untuk memiliki skill yang menunjang dalam penciptaan lapangan pekerjaan, dibutuhkan kemampuan untuk bisa menguasai teknologi yang semakin hari semakin berkembang dan semakin canggih. Pembentukan pasar tunggal yang diistilahkan dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) ini nantinya memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara sehingga kompetisi akan semakin ketat. Tujuan dari MEA ini adalah memaksimalkan kegiatan yang menunjang perekonomian negara ASEAN. 
Indonesia, secara umumnya memiliki potensi dalam menghadapi MEA dimana keberagaman sumberdaya alam yang dimiliki dijadikan satu kekuatan yang besar.  Keberagaman Indonesia yang terpisah disetiap daerahnya memungkinkan penyebaran hasil produksi dan  konsumsi (distributsi) memerlukan peningkatan dalam kualitasnya. Memperbaiki kualitas konektivitas antar daerah maupun pulau, memperbaiki kualitas bahan yang merata disetiap daerah serta kesiapan infrastruktur diperlukan dalam  menunjang kegiatan perekonomian yang ada. 
Pemanfaatan Teknologi khususnya Teknologi Informasi dalam memasuki era MEA, menjadi suatu keharusan untuk memenangkan persaingan yang berkembang dengan sangat cepat. Teknologi Informasi (TI) dianalogikan sebagai sebuah permintaan dari masyarakat industri, dimana kebutuhan akan sarana pengolahan data dan komunikasi yang cepat dan murah menembus ruang dan waktu, dari dunia industri harus mampu memberikan terhadap permintaan tersebut dalam bentuk penciptaan produk-produk teknologi yang berkualitas.
Dalam kehidupan sehari-hari, teknologi informasi sudah sangat dikenal. Teknologi ini merupakan pengembangan dari teknologi komputer yang dipadukan dengan teknologi telekomunikasi. Dalam dekade yang sama, kemajuan teknologi telekomunikasi juga berkembang dengan pesat, sehingga mampu membuat dunia menjadi “lebih kecil” (mereduksi ruang dan waktu). 
Perkembangan teknologi informasi yang sedemikian cepatnya telah membawa dunia memasuki era baru yang lebih cepat dari yang pernah dibayangkan sebelumnya. Sejak diketemukannya komputer sebagai alat pengolah data sampai dengan era internet dimana komputer menjadi senjata utama dalam berkompetisi. Masing-masing era yang ada memiliki karakteristiknya masing-masing, dimana secara langsung maupun tidak langsung memiliki hubungan yang erat dengan kompetisi dalam dunia usaha, baik secara mikro maupun makro. Teknologi informasi merupakan hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan lebih cepat, lebih luas penyebarannya, dan lebih lama penyimpanannya. 
Peluang dan tantangan kehidupan pada era teknologi informasi maju memberikan peluang, dan juga tantangan nyata untuk senantiasa mau “berubah” dan mengikuti perkembangan teknologi yang sangat cepat. Dampak positif teknologi harus dimanfaatkan dengan maksimum untuk dapat eksis dan mampu bersaing di era MEA. Berbagai perubahan sains, teknologi dan sosial masyarakat memasuki era MEA dimana peran sains dan teknologi menjadi unsur Penting, dimana masyarakat sangat tergantung pada aplikasi teknologi masa depan yang semakin canggih, yang juga memberikan dampak perubahan-perubahan drastis yang akan terjadi dari masa ke masa.
    Perubahan teknologi yang begitu cepat mendorong pemanfaatan teknologi di berbagai lini, salah satunya teknologi informasi. Tanpa disadari, penggunaan teknologi informasi meninggalkan rekam jejak berupa data tertentu, seperti lokasi, identitas diri, preferensi pribadi, dan sebagainya. Data inilah yang kemudian mampu mendapatkan beragam informasi tentang diri kita, yang perlu kita ketahui otak manusia memiliki kemampuan untuk menganalisis data sesuai dengan hasil pengamatan. Kinerja pengumpulan, pemetaan, dan analisis data melalui ini menjadi dasar pengembangan teknologi Geospasial. Informasi geospasial dapat didefinisikan sebagai semua informasi yang menyangkut lokasi dan keberadaan suatu objek pada permukaan bumi. 
    Isu teknologi digital yang berkembang saat ini adalah Internet Of Think (IOT), bagaimana mendekatkan internet dalam keseharian yang mendukung berbagai kemudahan aktivitas masyarakat (Smart Building, Smart Transportasi, Smart City, dan lain lain) baik yang berbasis desktop, web maupun maupun mobile menggunakan Augmented Reality maupun Computer Vision yang menjadi ranah bidang keilmuan rekayasa perangkat lunak (RPL), Sistem Informasi (SI) dan Komputasi berbasis Jaringan (NCC). Perkembangan lainnya adalah aplikasi teknologi informasi berbasis geospasial (geoinformatika), aplikasi bidang kesehatan(bioinformatika) dan bidang aplikasi lainnya. 

Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan untuk memanfaatkan perkembangan teknologi secara optimal adalah dengan diselenggarakannya seminar Teknologi Informasi dan Geospasial yang tentunya sangat dibutuhkan. Selain itu kita dapat membekali diri serta menjadi wadah penambahan pengetahuan dibidang teknologi serta geospasial.
Mencermati kondisi sosial masyrakat dewasa ini, kita tentunya tidak akan terlepas dari fenomena kehidupan yang disebut modernitas. Seperti yang telah digambarkan diatas bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi dasar dari kondisi tersebut. Perkembangan informasi dan telekomunikasi sangat membawa pengaruh yang cukup signifikan terhadap pola tatanan kehidupan masyrakat yang sangat baik bersifat konsumeristik.